3 Apr 2013

Menjawab Tantangan Pembelajaran Masa Depan dengan Lesson Study

Wuiiiih judulnya keren banget (setidaknya menurut saya), yup kali ini saya ingin mengajak pembaca sekalian untuk berbicara tentang lesson study. Apa sih lesson study??? yah kira2 seperti ini:
  • kita masuk kelas bersama beberapa observer
  • kita mengajar seperti biasanya dengan metode yang telah dicanangkan dalam RPP
  • observer mangamati proses pembelajaran yang kita lakukan
  • selesai proses pembelajaran, guru pembelajar membuka diskusi dan menerima masukan serta kritikan tentang proses pembelajaran yang baru saja dilakukan
  • melakukan refleksi diri dan merencanakan pembelajaran yang selanjutnya secara lebih baik
  • mengulangi proses tersebut
  • dihasilkan suatu metode atau pendekatan pembelajaran yang paling sesuai dengan kondisi siswa dan sekolah tersebut.

hehe, yah mudahnya kira2 lesson study itu seperti di atas, kalau kita lihat secara gambang saja, sudah jelas dengan menerapkan proses tersebut, akan terjadi satu proses evolusi cara atau pendekatan pembelajaran sehingga guru mata pelajaran dapat mengembangkan kemampuannya dalam membelajarkan siswa-siswinya.
lalu kaitannya dengan judul di atas, ini dia…..

pendidikan masa depan adalah pendidikan yang tak lagi dibatasi oleh jarak ataupun waktu,,,,, segala fasilitas untuk saling bertukar ilmu dan informasi kini sudah sangat mudah….. sehingga diperlukan kemampuan tenaga pengjar yang terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi. jangan sampai para guru kalah informasi dengan siswa-siswi sehingga mereka malas mendengarkan penjelasan guru hanya gara-gara informasi yang diberikan tidak up to date.

selain itu metode atau pendekan pembelajaran yang diterapkan juga di tuntut untuk terus dikembangkan, nah salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam mengajar adalah dengan penerapan lesson study di sekolah. seperti apa sih lengkapnya tentang lesson study, anda bisa baca di sini atau disini.

Tidak ada komentar:

Copyright by Iqbal Ali. Diberdayakan oleh Blogger.