23 Agu 2016

Guru Inspiratif; Hanan Al Hroub, Pemenang 'The Global Teacher Prize', Seorang Guru Asal Palestina

Guru adalah inspirasi bagi setiap siswanya, sebagian yang lain mampu menjadi inspirasi tidak hanya bagi siswanya saja tapi guru-guru yang lain bahkan bagi dunia.

Perkenalkan Hanan Al Hroub. Hanan adalah pemenang The Global Teacher Prize 2016. Hanan adalah seorang guru 'SMP' di Palestina.

Siapa Hanan Al Hroub?
Hanan adalah seorang guru di SMP Shamila Khalil di
Palestina. Sebagaimana warga Palestina lainnya, Hanan tumbuh di lingkungan yang mengalami penjajahan. Penjajahan Israel terhadap Palestina telah berlangsung sejak lama hingga saat ini. Penjajahan dan kekerasan menjadi pemandangan sehari di lingkungan Hanan. Ketika kecil bahkan Hanan pernah tinggal di kamp pengungsian warga palestina yang diakibatkan oleh penjajahan Israel. Namun, alih-alih membalas dengan kekerasan, Hanan memilih jalur yang lebih halus yaitu jalur pendidikan untuk memperjuangkan tanah airnya. Harapan terbesarnya adalah rakyat Palestina dapat merebut kembali tanah airnya melalui jalur pendidikan.

The Global Teacher Prize
The Global Teacher Prize merupakan hadiah sebesar satu juta dollar amerika yang diberikan kepada guru yang dianggap memiliki kontribusi dalam hal profesinya sebagai guru. Award ini diberikan setiap tahun. Penghargaan ini dimaksudkan untuk menekankan pentingnya peran guru dan untuk memberikan pengakuan atas jasa perjuangan guru.

Alasan dipilihnya Hanan
Dari penjelasan yang saya dapatkan di website Global Teacher Prize Hanan dipilih sebagai pemenang antara lain sebab berikut:
  • Tumbuh besar di kamp pengungsian palestina; termotivasi untuk mengajar atas pengalamannya sebagai ibu dari anak yang trauma karena insiden penembakan.
  • Memberikan penanganan spesial bagi siswa-siswa yang mengalami atau terlibat tindak kekerasan.
  • Berfokus pada pembangunan suasana belajar yang damai dan memberikan perhatian terhadap kebutuhan individual siswa.
  • Telah berbagi pengalaman dan pendekatannya dalam pembelajaran dalam berbagai ajang seminar, pelatihan dan konferensi.

Berikut video tentang Hanan.


- Semoga Terinspirasi -

Tidak ada komentar:

Copyright by Iqbal Ali. Diberdayakan oleh Blogger.