28 Nov 2017

Lesson Study Pembedahan Katak di SMAN 1 Tanggul Jember

Kegiatan ini sebenarnya sudah agak lama, namun baru sempat share di blog. #hihi
Saat itu saya berkesempatan untuk hadir dalam pembimbingan adik-adik mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNEJ yang sedang praktik mengajar di SMA Tanggul. Ada yang istimewa dengan agenda hari tersebut yaitu penyelenggaraan Open Class Lesson Study. Saya memang selalu mengarahkan kegiatan observasi kegiatan praktik mengajar dengan bungkus LS, dengan tujuan mahasiswa praktikan lain bisa belajar banyak dari temannya dan selain itu untuk mengenalkan lebih jauh tentang LS sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
Kebetulan dalam kesempatan ini, yang bertugas Open Class adalah saudara Gerda yang praktik mengajar di kelas 11 dengan topik sistem organ pada hewan. Kegiatan pembelajaran yang direncanakan adalah kegiatan praktikum pembedahan katak. Berikut RPP yang telah dibuat oleh saudara Gerda.
Banyak sekali pembelajaran yang bisa saya ambil dari Open Class kali ini, dan bahkan kegiatan hari ini mendorong saya untuk mendokumentasikan kegiatan LS di SMAN Tanggul untuk publikasi artikel ilmiah (akan saya bahas di artikel berikutnya, insyaAllah).


Kegiatan LS dilakukan secara kontinyu (foto atas, proses pembelajaran tatap muka). Foto Bawah; salah satu suasana aktivitas pembelajaran praktikum oleh siswa.

Tidak ada komentar:

Copyright by Iqbal Ali. Diberdayakan oleh Blogger.